Home » Cara Memulai Bisnis Desain Interior

Cara Memulai Bisnis Desain Interior

Cara Memulai Bisnis Desain Interior

Cara Memulai Bisnis Desain Interior

Cara Memulai Bisnis Desain Interior | Desain interior adalah sebuah karya seni. Hal ini bukan tentang menggunakan kuas, atau bentuk seni konvensional apa pun yang kita hormati, melainkan menyusun seluruh rumah untuk mencerminkan kepribadian pemilik rumah. Ketika kamu punya karunia dari Tuhan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dari semua orang, janganlah menyia-nyiakannya.

Sebagian besar perusahaan desain interior mempekerjakan seniman berbakat karena mereka melihat lebih banyak potensi di dalamnya daripada yang dilakukan oleh desainer interior itu sendiri. Jika kamu memiliki bakat dan kepercayaan diri untuk membuatnya sendiri, maka lakukanlah. Buat rencana bisnis yang layak dan mulai bisnis desain interior kamu sendiri untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kamu benar-benar mampu.

Cara Memulai Bisnis Desain Interior - Cara Memulai Bisnis Interior

Bagaimana cara memulai bisnis desain interior yang sukses?

  1. Kuasai Software Desain Interior
  2. Tentukan jasa desain interior yang ingin kamu tawarkan
  3. Apakah kamu membutuhkan kantor?
  4. Pilih nama bisnis yang menonjol dan buatlah kartu nama
  5. Milikilah Izin Usaha
  6. Hadirlah di dunia digital
  7. Tentukan biaya desain kamu
  8. Identifikasi target pasar kamu dan mulailah berpromosi
  9. Bangun relasi dan jaringan sebanyak mungkin
  10. Perbanyak Klien Baru

1. Kuasai Software Desain Interior

Software desain interior adalah teman baru kamu. Temukan satu yang mudah digunakan dan menawarkan banyak hal untuk dijelajahi. Banyak software desain interior yang sudah digunakan oleh para desainer dan tentunya memiliki beragam fitur untuk mengakomodir kebutuhan interior.

Beberapa software desain interior terkenal seperti :

Jika kamu ingin mencoba software desain interior yang tidak terlalu rumit dan tidak memerlukan investasi komputer dengan spesifikasi yang tinggi, kamu bisa mencoba software 3D berbasis cloud dari AiHouse 3D.

2. Tentukan jasa desain interior yang ingin kamu tawarkan

Seperti yang kita ketahui, kita tidak bisa melayani pasar secara keseluruhan. Pilih layanan desain interior kamu berdasarkan keahlian kamu. Jika kamu pandai mendesain bangunan komersial maka tawarkan layanan yang berlaku untuk ruang kantor. Jika kamu pandai mendekorasi rumah maka kamu dapat memberikan layanan untuk properti tempat tinggal.

Setelah kamu mengidentifikasi jenis properti, pilih layanan yang terbaik untuk kamu rancang. Mungkin kamu memiliki daftar desainer furnitur khusus atau ahli dek dan lansekap yang siap membantu kamu. Tawarkan layanan yang kamu tahu dapat kamu lakukan lebih baik daripada semua pesaing kamu. Meskipun kamu dapat mempelajari skema desain secara keseluruhan, layanan pribadi kamu akan berbicara banyak tentang bakat kamu.

Cara Memulai Bisnis Desain Interior - Tentukan jasa desain interior yang ingin kamu tawarkan

3. Apakah kamu membutuhkan kantor?

Sekarang, kita sampai pada bagian eksekusi. Di sinilah kamu perlu memulai bisnis kamu dengan lancar. Tanyakan pada diri kamu, apakah kamu memerlukan ruang kantor di gedung komersial atau kamu ingin memulai dengan skala yang lebih kecil di awal?

Jika kamu memulai bisnis baru tanpa bantuan eksternal atau pengalaman sebelumnya, kamu selalu dapat memulai pekerjaan desain di kantor utama. Klien tidak akan keberatan mengunjungi kantor rumah kamu, terutama jika itu memberikan gambaran sekilas tentang apa yang telah kamu lakukan dengan ruang di rumah kamu sendiri.

Sebaliknya, jika kamu lebih suka ruang kantor di gedung komersial maka perlu diingat, kamu harus membayar sewa dan utilitas, jadi, rencanakan dengan tepat.

Cara Memulai Bisnis Desain Interior - Apakah kamu membutuhkan kantor
Yolk CoWorking

4. Pilih nama bisnis yang menonjol dan buatlah kartu nama

Ini adalah aspek penting dari bisnis apa pun. Kamu perlu memilih nama yang tidak hanya akan memberi petunjuk kepada klien ideal tentang keunggulan kamu, tetapi juga mencerminkan kepribadian kamu. Banyak desainer cenderung menggunakan nama mereka sendiri untuk membangun merek, yang menunjukkan kepercayaan diri dan membedakan mereka dari pesaing mereka.

Desainer interior profesional lainnya memilih nama bisnis yang mewakili merek tanpa wajah. Ini juga merupakan teknik yang disambut baik jika kamu berencana merekrut desainer dan memperluas wawasan kamu sebagai pemilik bisnis.

Nama bisnis kamu sangat penting karena ketika kamu mengajukan permohonan kartu kredit dan bantuan keuangan, ini membantu memisahkan iklan bisnis kamu dari akun pribadi kamu. Para pemangku kepentingan akan mengambil bagian dalam keuangan ketika kamu melakukan ekspansi. Namun, jika kamu menggunakan nama kamu sendiri, garis antara profesional dan pribadi cenderung sangat tipis.

Pilih nama bisnis yang menonjol dan buatlah kartu nama
source : istockphoto

5. Milikilah Izin Usaha

Setelah kamu memiliki nama bisnis, kamu perlu mengajukan permohonan izin. Tidak ada perdagangan yang valid tanpa izin usaha yang otentik baik kamu bekerja dari kenyamanan rumah kamu sendiri atau di ruang kantor startup.

Percayalah bahwa jumlah yang kamu investasikan untuk mengurus surat ijin usaha akan lebih murah dibandingkan dengan denda besar yang harus kamu bayar jika tidak memiliki izin usaha.

Izin usaha juga merupakan bukti lebih lanjut kepada klien potensial bahwa kamu sah dan tidak akan melarikan diri dengan uang muka yang mereka akan bayarkan kepada kamu saat kamu menangani project yang mereka berikan. Selain itu, kamu juga bisa ikut dalam pameran bisnis dengan aman.

Cara Memulai Bisnis Desain Interior - Milikilah Izin Usaha
source : istockphoto

6. Hadirlah di dunia digital

Setiap merek membutuhkan eksistensi di dunia digital. Ini adalah wajah perusahaan yang akan dilihat oleh setiap pihak yang berkepentingan sebelum mereka mendekati kamu. Sekarang, kita telah membahas membuat presentasi portofolio. Namun, jika kamu memikirkannya, tidak semua klien desain mau untuk melihat file presentasi yang kamu miliki.

Membangun sebuah situs web merupakan cara kamu mempresentasikan bisnis desain interior yang kamu miliki. Gunakan nama bisnis kamu sebagai domain dan ciptakan kehadiran online kamu di internet, yang secara harfiah dapat diakses di seluruh dunia.

Hadirlah di dunia digital

Ketika kamu memiliki situs web yang siap, ada lebih dari satu cara untuk mengesankan klien dengan bakat bawaan dan mata desain kamu. Kamu cukup menyerahkan kartu nama kamu dengan alamat situs web. Klien akan menganggap pendekatan kamu tidak agresif dan profesional.

Di sana, terserah mereka untuk memeriksa situs web kamu dan menemukan layanan kamu sendiri. Situs web yang dibangun dengan baik mencerminkan perhatian pemilik bisnis terhadap detail dan kemampuan mereka untuk mendesain apa saja.

Kamu dapat mendesain situs web sesuka kamu. Mereka dapat mencerminkan pekerjaan desain kamu sambil secara tidak sadar mempengaruhi klien untuk menyewa bisnis dekorasi interior kamu untuk kebutuhan khusus mereka.

Mungkin kamu perlu tahu : Jasa Pembuatan Website & SEO

7. Tentukan biaya desain kamu

Kamu harus mempertimbangkan harga pasti untuk layanan desain kamu. Mulailah dengan menentukan biaya tetap. Ini adalah jumlah yang akan kamu kenakan untuk konsultasi, terlepas dari apakah klien melanjutkan proyek desain atau tidak.

Ini adalah semacam asuransi sehingga klien tidak berkonsultasi dengan kamu secara gratis, mendapatkan informasi yang diperlukan, dan kemudian menyewa desainer yang lebih murah yang akan melaksanakan rencana kamu. Kamu dibayar untuk setiap layanan yang diberikan termasuk konsultasi sederhana.

Tentukan biaya desain kamu

Kamu dapat menentukan tarif untuk semua komponen biaya desain kamu dan membiarkan klien memutuskan sendiri. Anggap saja sebagai filter di mana kamu tidak membuang waktu berharga dengan klien potensial yang berada di pagar atau hanya hit and run.

Ini akan membantu menghemat waktu untuk mengatasi masalah klien ideal dengan siapa kamu dapat berbagi manfaat bersama di mana kamu melakukan pekerjaan dan mereka memberikan referensi untuk lebih banyak proyek.

8. Identifikasi target pasar kamu dan mulailah berpromosi

Target pasar kamu menghasilkan klien yang ideal. Kamu perlu mengidentifikasi jenis demografi yang ingin kamu layani. Jika gaya desain kamu berfokus pada barang antik yang indah dan karya desainer yang elegan, maka target pasar kamu adalah kelas atas.

Cara Memulai Bisnis Desain Interior - identifikasi target pasar kamu dan mulailah berpromosi

Jika kamu ingin menargetkan populasi kelas menengah maka karya desain kamu harus mencakup kayu yang indah dan estetika yang menyenangkan dengan harga yang wajar. Target pasar juga membantu kamu menentukan jenis jaringan apa yang perlu kamu bangun dan biaya desain kamu.

9. Bangun relasi dan jaringan sebanyak mungkin

Jaringan adalah akar kesuksesan untuk semua bisnis. Tidak terkecuali bisnis desain interior. Bangun hubungan dengan agen real estat untuk mendapatkan rekomendasi. Klien mereka selalu mencari dekorator interior, jadi pastikan kamu ada di daftar teratas mereka.

Cara Memulai Bisnis Desain Interior - Bangun relasi dan jaringan sebanyak mungkin

Selanjutnya membangun hubungan baik dengan orang-orang yang bekerja di galeri seni, rumah lelang antik, desainer furnitur, pemasok bahan baku, dan barang-barang lain yang kamu tahu akan kamu perlukan untuk melaksanakan rencana desain kamu. Koneksi ini akan membantu kamu memperoleh bahan yang diperlukan, seni dinding, dan dekorasi rumah sesuai harapan klien kamu.

Juga, membangun hubungan dengan perusahaan arsitektur dan kontraktor. Kamu tidak hanya dapat mendapatkan proyek besar tetapi juga mempekerjakan tenaga kerja yang efisien dengan biaya yang wajar berdasarkan anggaran klien kamu.

Aspek penting lainnya dari jaringan adalah mengamankan klien baru. Kamu tidak pernah tahu di mana kamu mungkin menemukan seseorang yang mencari perombakan rumah. Kamu cukup menyerahkan kartu nama kamu dengan profil perusahaan dan situs web untuk diskusi lebih lanjut.

10. Perbanyak Klien Baru

Tidak ada yang akan datang mengetuk pintu kamu kecuali kamu bekerja keras. Kamu perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efisien dan menerapkan beberapa promosi.

Awal dari bisnis baru adalah saat kamu harus bekerja keras. Luangkan waktu berjam-jam untuk merencanakan, menyusun strategi, dan melakukan pekerjaan. Bersosialisasi dengan teman untuk hiburan perlu dikesampingkan ketika kamu ingin membangun merek kamu.

Cara Memulai Bisnis Desain Interior - Perbanyak Klien Baru

Teruskan pekerjaan kamu sampai kamu dapat mempekerjakan orang lain untuk mengelola kebiasaan. Meski begitu, jangan berhenti bekerja keras jika kamu ingin bisnis kamu sukses.

Jika kamu membutuhkan informasi penyedia jasa interior Jakarta, jasa interior Bogor, jasa interior Surabaya, jasa interior Tangerang, jasa interior Bekasi dan wilayah lainnya, kamu bisa mencoba mengunjungi halaman ini : Klik Di Sini

Demikianlah Cara Memulai Bisnis Desain Interior yang perlu kita ketahui dan pahami. Semakin baik kita mengetahuai Cara Memulai Bisnis Desain Interior, semakin besar pula peluang yang akan kita dapatkan yang pada akhirnya akan membuat bisnis desain interior kita berkembang pesat.

Namecheap Best Deals!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *