Home » Cara Membuat Akun PeduliLindungi dari HP

Cara Membuat Akun PeduliLindungi dari HP

Cara Membuat Akun PeduliLindungi dari HP - imam darmady

Cara Membuat Akun PeduliLindungi dari HP

Cara Membuat Akun PeduliLindungi | Di masa pandemi yang belum kunjung selesai ini, kita dipaksa harus menjaga protokol kesehatan dengan ketat agar terhindar dari penularan virus.

Ketika hendak bepergian kemana pun, harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi agar dapat termonitor apabila terjadi lonjakan besar penularan virus. Untuk itulah kita harus mempunyai akun terverifikasi di aplikasi PeduliLindungi.

Apa itu PeduliLidungi ?

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease.

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Bagaimana Cara Membuat Akun PeduliLindungi ?

Cara membuat akun PeduliLindungi sangat mudah sekali dan bisa dilakukan baik lewat HP maupun komputer. Berikut ini cara membuat akun PeduliLindungi dari HP :

  1. Install aplikasi PeduliLindungi dari App Store maupun Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut dan pilih bahasa, lalu tekan tombol Warna Negara Indonesia
  3. Tekan tombol Daftar, lalu pilih pendaftaran.
  4. Tersedia 2 pendaftaran baik melalui Nomor Telepon maupun Alamat Email. Contoh kali ini menggunakan Alamat Email.
  5. Isi Nama Lengkap, alamat email dan centang kotak Syarat dan Ketentuan lalu klik Daftar
  6. Masukan kode yang dikirim ke alamat email yang kita daftarkan, lalu klik tombol Verifikasi
  7. Sampai di sini, proses membuat akun PeduliLindungi sudah selesai.

Bagaimana mengetahui Sertifikat Vaksin yang telah kita lakukan ?

Jika kamu sudah divaksin baik pertama maupun kedua, sistem PeduliLindungi sudah otomatis terhubung dengan baik. Yang perlu kamu lakukan adalah mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir pada menu Akun (klik nama kamu di paling atas lalu klik tanda pena di kanan atas).

Setelah mengisi NIK dan tanggal lahir, klik menu Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19 pada halaman utama untuk melihat status vaksinasi kamu.

Jika kamu baru divaksin sebanyak 1 kali, maka status kamu akan berwarna kuning dan kamu hanya diperbolehkan ke tempat-tempat tertentu. Jika kamu sudah divaksin sebanyak 2 kali, status vaksinasi kamu akan berwarna hijau dan kamu bisa mengunjungi berbagai macam tempat, tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat.

Jika kamu sudah divaksin baik pertama maupun kedua namun status vaksinasi kamu masih belum muncul di aplikasi PeduliLindungi, silahkan tunggu beberapa waktu. Bisa saja data kamu sedang dalam pengupdatean oleh petugas terkait dan karena banyaknya data yang diupdate tentunya membutuhkan banyak waktu.

Demikianlah informasi tentang Cara Membuat Akun PeduliLindungi dari HP. Cukup mudah bukan ? Jangan lupa, segera vaksin minimal 2 kali supaya kamu bisa turut membantu menuntaskan pandemi ini, dan juga selalu perhatikan protokol kesehatan di tempat-tempat yang kamu akan kunjungi, dan hidup sehat supaya bisa tetap produktif.

Baca juga : Tips Hidup Produktif Tahun 2022

Untuk melihat informasi dan tips lainnya, silahkan klik di sini ya : BLOG

Namecheap Best Deals!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *